Para selebriti idola menganggap SM Entertainment (atau SM) sebagai salah satu tempat yang sulit untuk dimasuki.

Alasannya adalah rintangan pertama yang harus mereka lewati untuk bisa menjadi bintang besar seperti BoA, DBSK, atau SNSD adalah untuk mendapat pengakuan. Bagaimanapun juga, menurut kabar yang beredar, diterima sebagai trainee SM hanyalah awal dari perjuangan karena untuk bisa melewati rintangan yang kedua yaitu debut, para trainee harus mengikuti kompetisi yang tak kunjung habis diantara mereka.

EXO-K yang baru saja debut dengan begitu banyak rintangan, berbagi tentang kehidupan mereka sebagai trainee di SM dan aktivitas-aktivitas mereka setelah debut secara terbuka.

576714316

▶Apa kata-kata yang paling tidak ingin didengar oleh para trainee SM?

Walaupun mereka berasal dari grup yang sama, setiap member memiliki masa trainee yang berbeda.

Ketua dari EXO-K,  Suho, menjadi trainee di tahun 2006 dan menjalani pelatihan selama 6 tahun sedangkan Baekhyun hanya menjalaninya selama 1 tahun. Hanya karena mimpinya untuk debut semenjak kelas 3 SMP, Suho menahan rasa sakit untuk waktu yang lama beberapa kali merasa tertekan. Bagaimanapun, Suho mengatakan dengan senyum, “Aku ingin mengatakan (kepada trainee-trainee) untuk tetap berusaha entah bagaimanapun juga. Orang-orang yang berusaha akan sukses.”

Setelah beberapa saat menjadi trainee, seperti ketika ada pendatang baru yang umurnya lebih tua dari mu, tingkatannya sering membuat bingung. Dalam situasi ini, kau harus memberikan priorits kepada mereka yang lebih tua.

Lebih dari jadwal yang intensif dan luka yang kadang didapatkan dari latihan koreografi, hal yang tersulit untuk seorang trainee adalah saat kau melihat junior yang berlatih denganmu debut lebih dulu seperti yang dirasakan Suho kepada SHINee.

Apa arti debut untuk seorang trainee? EXO-K menjawab, sambil tersenyum “Debut adalah mimpi dari semua trainee. Selebihnya, itu adalah sebuah bukti bahwa kami telah mencapai mimpi kami.” Sebagai tambahan, mereka membuka rasa sakit yang mereka dapatkan saat menjadi trainee dan begitu sulitnya untuk mereka untuk mendengar orang-orang menanyakan hal-hal seperti “Kapan kamu akan debut?” atau “Apakah mereka benar-benar trainee dari SM?”

576714572

▶Bagaimana cara memilih agensi yang baik

Melihat masalah-masalah yang belakangan ini dialami oleh para trainee, mereka mengungkapkan tentang bagaimana cara untuk memilih agensi yang tepat.

EXO-K menjelaskan, “Hal yang paling penting adalah jangan pernah datang ke agensi yang meminta sejumlah uang. Lalu, kalian harus memeriksa website dari agensi tersebut dan dengan teliti cek siapa saja selebriti yang telah mereka debutkan. Setelah itu seharusnya kalian bisa mengetahui agensi mana yang baik dan yang buruk.”

 

576715412

Nama EXO datang dari kata EXOPLANET, sebuah planet yang berada diluar tata surya, yang berarti mereka adalah bintang baru yang berasal dari dunia yang tidak diketahui.

Sama seperti nama mereka, mereka mendapatkan banyak perhatian sebelum mereka debut. Alasannya adalah karena mereka dibagi menjadi dua tim, EXO-K dan EXO-M, dan melakukan promosi di waktu yang sama di Korea dan Cina. EXO-K terdiri dari Suho, Kai, Chanyeol, Sehun, Baekhyun, dan D.O sementara EXO-M terdiri dari Kris, Luhan, Tao, Lay, Xiumin, dan Chen.

Lagu debut mereka, “MAMA”, diciptakan oleh Yoo Young Jin (Music Director dari SM) dan menandakan bangkitnya kembali genre SM Music Performance atau SMP (genre ini dipopulerkan oleh grup lama SM, H.O.T dan juga beberapa lagu dari DBSK/TVXQ)

EXO-K dan EXO-M secara berturut-turut mempromosikan lagu ini dalam bahasa Korea dan Cina. Para member kemudian menjelaskan “Keduanya adalah lagu yang sama hanya saja terasa berbeda. Di satu sisi versi milik EXO-K  dinyanyikan dengan suara yang serak dan mengeluarkan kesan yang megah, di sisi lain versi milik EXO-M dinyanyikan dengan nada yang lebih tinggi yang menciptakan kesan yang lebih hidup.”

576714991

EXO-K dan EXO-M, walaupun kami dipisahkan untuk sekarang ini…

Album debut mereka terdiri dari 6 lagu dan untuk menunjukkan karisma EXO yang beragam, tiap lagu menimbulkan daya tarik yang berbeda.

Diantaranya, “History” adalah lagu genre dance yang mengagumkan yang dicampur dengan ketukan perkusi yang segar dan kuat dengan melodi yang kuat dan adiktif dan “What is Love” adalah lagu yang diiringi dengan kesan vintage dari gitar elektrik.

Selain itu. “Two Moons” dinyanyikan bersama dengan Key dari SHINee, menambah kesegaran dalam album.

576714770

Para mantan SM trainee yang telah debut setelah dipersiapkan secara sempurna ini, masih tidak bisa menyadari mereka telah berhasil melakukannya, “Karena kami masih belum berpengalaman, kepala kami akan berubah menjadi kosong seketika setiap saat kami difilmkan. Tapi kami mengatakan kepada diri kami sendiri bahwa nantinya itu semua akan berubah menjadi lebih baik sejalan dengan waktu.

576715347

Walaupun sekarang EXO dibagi menjadi dua dan berpromosi di Korea dan Cina, mereka semua tetap melakukan yang terbaik dan menunggu hari dimana mereka bisa berdiri di panggung yang sama. EXO-K mengungkapkan, “Sekarang ini, kami menggunakan telfon milik manager kami untuk menghibur satu sama lain. Bagaimanapun, setelah masing-masing dari kami berhasil, di akhir tahun, kami akan menunjukkan pertunjukkan yang spesial sebagai grup dengan 12 member.”

576715175

source: Nate
eng trans cr; saphira @ exok-trans
indo trans cr: mschoiyu @ EXOnesia

Please take out with full credits